MEMAKSIMALKAN SEARCH PADA GOOGLE

Diposkan oleh dragon on Sabtu, 24 September 2011



Kita pasti tidak asing lagi dengan Searc Engine google, tingkat ketergantungan kita terhadap mesin pencari ini bisa dibilang tinggi. yups sebagaimana kita ketahui bahwa mbah google berada di tingkat teratas sebagai mesin pencari/ searc engine mengalahkan rival-rivalnya seperti yahoo dan bing, berikut adalah tips untuk memaksimalkan hasil pencarian dimesin google agar hasil yang diberikan oleh mbah google sesuai dengan harapan kita .
1. Filetype Funsi ini digunakan untuk pencarian file. ex:kita ingin mencari file dari internet yang ada hubungannya dengan Microsoft office, maka kita cukup mengetikan* “Microsoft office filetype: pdf” tanpa tanda kutip. bila yang kita cari adalah file word maka filetype:pdf diganti dengan filetype:doc
2. Memakai tanda “+” dan tanda kutip Fungsi ini digunakan untuk lebih mengspesifikasikan pencarian dengan menggunakan dua suku kata , ex: universitas+Indonesia* bila memakai tanda kutip menjadi “universitas Indonesia.
3. Inurl Fungsi ni digunakan untuk mencari kata tertentu yang “masuk “ sebagai url. Dengan option ini kita dapat melakukan pencarian pada folder tertentu (jika dikombinasikan pada option “indexof”). Ex: inurl:admin****** pencarian ini akan menghasilkan url website yang mempunyai kata “admin”.
4. Site Funsi ini dimanfaatkan utnukmencari situs yang berhubungan dengan apa yang kita ketik. Ex: kita ingin mecari situs surabaya maka kita bisa ketikan** site:Surabaya.go.id
5. Site: Langkah ini dimanfaatkan untuk melakukan pencarian pada situs tertentu . ex:* misalkan kita ingin mencari software Mozilla firefox 3.5 di situs http://www.softpedia.com]Free Downloads Encyclopedia - Softpedia, maka yang kiata lakukan adalah cukum mengetikan**** site: softpedia.com “Mozilla firefox 3.5”**** pakai tanda kutip.
6. Intitle: Opsi ini digunakan untuk mencari kata tertentu yang terdapat pada title dari halaman web.
7. Link Fungsi ini digunakan untuk mengetahui situs mana saja yang nge-link ke situs tertentu. ************ Ex:***** link:detik.com** dengan ini kita bisa mengatahui situs mana saja yang mempunyai link ke http://www.detik.com]detikcom : situs warta era digital , kita bisa mengkombinasikan berbagai macam option diatas untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih spesifik. ex a)***** pdf”rapidshare.de/files”site:rapidshare.de** kombinasi ini untuk mencari buku atau file Pdf di situs http://www.raphidshare.de]raphidshare.de - rap hid share Resources and Information. This website is for sale! b)***** +inurl:exe|rar|zip site: softpedia.com**** kombinasi ini digunakan untuk mencari program aplikasi di http://www.softpedia.com]Free Downloads Encyclopedia - Softpedia[/url] , kita bisa mengganti site: softpedia.com menjadi site: megaupload.com bila kita ingin mencari filenya di http://www.megaupload.com-MEGAUPLOAD - The leading online storage and file delivery service
8. Tanda kutip (“…”) Option ini digunakan untuk mencari informasi agar tepat sasaran. Tanda kutipakan menghasilkan halaman-halaman yang lebih tepat sasaran dan lebih erat dengan informasi yang kita cari. Dengan membubuhkan tanda kutip dia awal dan di akhir kata, maka mesin pencari google akan menyuguhkanhasil pencarian yang sama persis dengn yang kita ketikan.
9. Klik “Image” Apabila kita ingin mencari gambar atau image, misalnya ingin mencari gamabar handphone dengan tipe tertentu. Klik saja tombol “image” yang berada diatas kotak pencarian kemudian ketikan nama handphone yang anda cari berikut tipenya.
10. Pakai tanda “ ~ ” Bila kita ingin mencari sinonim dari sebuah kata. Kita bisa memanfaatkan tanda ~ yang berada disebelah kiri atas tepatnya diatas tombol tab keyboard anda. Tanda ini ternyata sangat beguna dalam melakukan pencarian di GOOGLE.
11. Ketikan kata yang lebih panjang agar hasil pencarian lebih relevan Saat kita melakukan pencarian di Google ada baiknya jika kita mengetikan kata yang lebih panjang di kotak pencarian agar hasil dari pencariaannya lebih relevan seperti yang kita inginkan.
12. Kamus dan Translate dari GOOGLE Google bisa menjadi kamus buat kita bila kita ingin mencari tau* devinisi dari sebuah kata. Cukup tambahkan define sebelum kata yang akan kita cari definisinya di kotak pencarian Google, maka google akan mencari dan memberikan definisi dari kata yang kita ketik secara tepat. Google juga ahli dalam menterjemahkan bahasa. Liaht link “language tools” yang ada di kanan kotak pencarian di homepage Google, maka kita akan di bawa ke sebuah halaman translate kita tinggal masukan kalimat yang akan kita translate dan klik translate kemudian kita lihat hasilnya. Sampai saat ini Google mensupport 51 jenis bahasa termasuk bahasa Indonesia dlam menterjemahkan,bahkan kita bisa langsung upload dari file doc untuk mentranslatenya tanpa harus capek-capek ngetik lagi.
13. Buku-buku dari Google Google juga ingin mencerdaskan dunia dengan memberikan sebuah ruang untuk kita menambah ilmu dengan membaca. Masuk saja ke www. books.google.com , disana kita bisa melihat atau membaca beragam buku dari buku-buku actual diseluruh dunia.
Demikian tips Tips Memaksimalkan Pencarian Dengan Google, semoga bermanfaat






{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...